Cara Menjadi Hacker Otodidak Mulai Dari Nol


Hai, kembali lagi bersama saya Darkness di blog kami Screams Blackhat.

Kali ini saya akan memberikan tutorial 'Bagaimana sih caranya menjadi hacker profesional mulai dari nol'. Dari yang gatau apa-apa, jadi tau semuanya.

Cara menjadi seorang hacker itu sebenernya mudah kok, asal kamu emang tertarik dengan dunia teknologi, dan yang terutama yaitu niat dan tekun belajar, karna untuk menjadi seorang hacker yang profesional tentunya membutuhkan waktu belajar yang cukup lama dan ketelitian dong.

Kamu ingin jadi hacker seperti Bjorka? Atau seperti Hmei7 yang berhasil men-deface ribuan situs? Okei, baca baik-baik dengan teliti ya agar bisa kamu pahami dengan baik.

Apa Itu Hacker?

Baik, kita mulai dari yang paling dasar dulu ya, sebelum kamu mulai ke cara dan langkah-langkah menjadi hacker, sebaiknya kamu pahami dulu apa itu hacker. Sebenernya banyak definisi Hacker dari berbagai sumber, tapi jika menurut Wikipedia, hacker adalah seseorang yang melakukan tindakan mencari celah di jaringan komputer

Jenis - Jenis Hacker

Ada tiga jenis hacker yaitu, peretas topi hitam Black Hat Hacker, peretas topi putih White Hat Hacker dan yang terakhir Gray Hat Hacker.

Black Hat Hacker

Black Hat Hacker adalah lawan dari White Hat Hacker, yaitu peretas yang memiliki motif kriminal dan jahat dengan menyusup ke jaringan komputer secara ilegal untuk mencuri data pribadi, kata sandi dan kartu kredit hingga menyebar luaskan data pribadi seseorang.

White Hat Hacker

White Hat Hacker atau biasa di sebut dengan Bug Hunter adalah peretas yang melakukan tindakan secara legal dan telah mendapatkan izin terlebih dahulu. Peretas jenis ini biasanya di bayar secara profesional oleh pemilik jaringan komputer untuk mendeteksi apakah ada celah keamanan yang bisa di susupi malware, phising dan injeksi SQL.

Gray Hat Hacker

Gray Hat Hacker adalah peretas yang menyusup sistem keamanan secara ilegal dan melaporkannya kepada pemilik jika mereka menemukan adanya celah keamanan yang rentan di susupi, motifnya adalah mencari tantangan, menguji kemampuan dan kesenangan pribadi.

Jika Saya Ingin Menjadi Hacker Profesional, Dari Manakah Saya Harus Memulai?

Baik, jika kamu memang benar-benar memiliki keinginan untuk menjadi seorang hacker/peretas, modalnya hanya perlu untuk memprogram otak dan pikiranmu untuk memiliki semua hal di bawah ini.

Berikut hal-hal yang harus kamu lakukan untuk memulai menjadi seorang hacker profesional.

1. Passion (Hobby)

Nomer satu yaitu adalah passion (hobby), lakukanlah kegiatan hacking ini sebagai hobimu, alias kamu harus menyukai kegiatan meretas tersebut, sehingga kamu tidak akan jenuh dan bosan di saat kamu sedang dalam fase belajar menjadi hacker dan sedang melakukan kegiatan hacking. Passion ini berlaku untuk semua hal, jika kamu menyukai kegiatan yang sedang kamu lakukan maka semuanya akan terasa menyenangkan dan kamu tidak akan jenuh untuk melakukannya.

2. Belajar Bahasa Inggris

Tenang saja kamu tidak harus benar-benar mahir 100% berbahasa inggris untuk menjadi seorang hacker kok, kamu hanya perlu memahaminya, setidaknya kamu harus tau 70% kosa kata bahasa inggris agar kamu bisa menjadi seorang hacker, karna sebagaimana yang kita ketahui saat ini hacker selalu berkaitan dengan bahasa pemrograman dan tentunya semua bahasa pemrograman menggunakan bahasa inggris, tidak ada satupun bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa indonesia tentunya haha, maka dari itu belajarlah untuk memahami bahasa inggris.

3. Rajin Membaca

Jika ingin menjadi seorang hacker profesional kamu harus rajin membaca, selain untuk menambah ilmu membaca juga dapat membantumu cepat mahir menjadi seorang hacker profesional, dengan membaca referensi yang ada di google, kamu harus membaca referensi tentang hacking sebanyak-banyaknya, jangan stuck hanya pada satu referensi saja, di saat kamu mengalami kesulitan saat melakukan peretasan carilah referensi di google atau di manapun itu, jelas itu akan sangat membantumu dalam melakukan peretasan.

4. Belajar Bahasa Pemrograman

Tidak perlu mahir, kamu hanya perlu untuk memahami beberapa bahasa permrograman, di antaranya yaitu HTML (HyperText Markup Language), CSS (Cascading Style Sheets), PHP dan SQL (Structured Language Query). Ingat kamu tidak perlu mengerti 100% dengan 5 bahasa pemrograman di atas, karna jika kamu seorang pemula maka butuh waktu yang sangat lama tentu untuk memahami kelima bahasa pemrograman di atas, pahami dasar/basicnya saja.

5. Tidak Harus Memiliki PC atau Laptop

Kebanyakan orang ber-anggapan salah, yaitu mereka mengira bahwa menjadi seorang hacker harus memiliki perangkat Laptop/PC, nyatanya jelas itu salah. Dengan modal hp/smartphone android, kamu bisa kok menjadi seorang peretas, asal kamu memiliki niat untuk belajar. Ya walaupun jika memiliki Laptop/PC itu dapat membantu kegiatan hacking, tapi itu tidak berarti hanya modal HP tidak akan bisa menjadi hacker.

6. Awali Dengan Belajar Deface

Jika kamu sudah memiliki 5 poin di atas, maka langkah selanjutnya kamu harus mengawalinya dengan belajar melakukan defacing pada suatu situs, apa itu Deface? Deface adalah serangan terhadap situs web yang mengubah atau merusak tampilan visual web/halaman web. Berbicara soal deface, saya juga mengawali kegiatan hacking saya dengan melakukan defacing, yaitu deface dengan metode JSO (Javascript Overlay), metode deface ini tebilang sangat mudah, saya sarankan kamu belajar deface dengan metode JSO, karna deface dengan metode ini sangat mudah dan bisa di coba untuk latihan pemula. Percaya kepada saya, di saat kamu berhasil melakukan defacing dengan metode yang paling mudah sekalipun, kamu akan merasa senang dan tertantang untuk melakukan defacing dengan metode yang lebih susah lagi.

7. Pelajari SQL Injection (Injeksi SQL)

SQL Injection ini sangat penting untuk melakukan kegiatan mencari celah keamanan di suatu situs, SQL Injection berfungsi untuk membuka database suatu situs dan mengetahui isi data-data yang ada dalam situs target. Oleh karna itu saya menyarankan kalian untuk mempelajari bahasa pemrograman SQL, jika kalian tidak mengerti bagaimana cara melakukan SQL Injection, kalian bisa membaca artikel yang saya buat mengenai cara melakukan SQL Injection Disini.

8. Pelajari Terminal Linux (Termux)

Langkah ke delapan yang harus kamu lakukan adalah dengan mempelajari terminal linux, terminal linux ini adalah aplikasi android yang bisa membantu kamu dalam melakukan kegiatan hacking, banyak tools-tools hacking di dalamnya yang bisa membantu kamu untuk melakukan peretasan. Jika kamu bisa memanfaatkan terminal linux dengan baik, aplikasi ini akan sangat membantu kamu. Kamu bisa mendownloadnya, tersedia di PlayStore, tersedia banyak referensi di google tentang cara menggunakan termux, kamu bisa dengan mudah mencarinya.

9. Lakukan Penetration Testing

Apa itu penetration testing? Penetration testing adalah serangkaian metode untuk menemukan celah keamanan dalam sebuah sistem, terus asah skill/kemampuanmu salah satunya dengan cara rutin melakukan penetration testing pada suatu situs/sistem, jangan terpaku pada satu pencapaian. Misalnya kamu sudah berhasil melakukan SQL Injection, maka perluas wawasanmu dengan kegiatan hacking yang lebih menantang lainnya, jika kalian hanya stuck di satu pencapaianmu saat ini. Maka skill kalian tidak akan pernah bisa upgrade, hanya akan mentok di situ-situ saja.

10. Jangan Pernah Putus Asa

Jadikanlah sebuah tantangan sebagai ajang meningkatkan skill hackingmu, misalnya kamu mencoba melakukan serangan SQL Injection pada suatu situs, ternyata situs tersebut memiliki firewall yang kuat, jangan berhenti di situ. Carilah cara untuk menembusnya, carilah referensi di google atau platform lainnya untuk membantumu memecahkannya. Intinya jangan pernah menyerah dalam satu atau dua percobaan, teruslah mencoba hingga setidaknya kamu berhasil membuka database situs tersebut, walaupun belum berhasil memasuki sistemnya, setidaknya kamu telah berusaha dan tidak menyerah pada percobaan pertama.

11. Gak Perlu Pamer

Ingat hacker adalah sebuah kemampuan dan skill, bukan ajang mencari nama dan ketenaran. Keep calm and enjoy, bertingkahlah seakan-akan kamu tidak tau apa-apa dan bukan siapa-siapa, saya lihat kebanyakan hacker sekarang sukanya pamer kesana-sini, show off dimana-mana. Padahal skillnya masih belum seberapa. Itu sangatlah tidak penting, yang perlu kamu lakukan adalah terus upgrade skillmu, perluas wawasanmu. Yang kamu tidak sadari, dengan memamerkan skillmu itu hanya akan membuang waktumu dan membuat kamu stuck di situ-situ saja, merasa dirimu sudah hebat dan tidak perlu menambah wawasan lagi.

Kesimpulan

Saya yakin jika kamu membaca artikel ini dengan runut dan teliti saya jamin kalian bisa melakukan kegiatan peretasan/hacking setidaknya dalam waktu 2-3 bulan kedepan, kamu akan mulai perlahan memahami dan familiar dengan celah keamanan, bug sistem/kerentanan dan bahasa pemrograman. Ingat pastikan kamu dengan sungguh-sungguh dan tekun belajar jika kamu memang benar ingin menjadi seorang hacker. Entah itu Black Hat Hacker, White Hat Hacker atau Gray Hat Hacker, terserah, itu adalah pilihan kalian.

Demikian tutorial ini saya buat sesingkat-singkatnya, agar mudah di pahami.

Referensi

https://owasp.org/www-project-hacking-lab/

https://github.com/topics/hacking

https://en.wikipedia.org/wiki/Hacking

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel